Jangan Lewati Empat Tempat Wisata Kuliner Makassar Ini



FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Berkunjung ke suatu kota biasanya didasarkan pada daya tarik destinasi wisata yang dimiliki daerah tersebut.

Dari situ kita kemudian mengeksplorasi dan mencari-cari apa lagi tempat menarik yang ada di sana demi sebuah kepuasan batin.
Namun, tidak jarang pula jika daya tarik yang timbul bukan dari lokasi wisata, tetapi dari kuliner khas yang ada.

Sama seperti kota-kota lain di Indonesia, Makassar juga memiliki berbagai makanan khas yang selalu menggugah selera. Mulai dari kudapan hingga beragam makanan berat bisa kita temukan dengan mudah. Kebanyakan kedai yang menjual makanan yang telah melegenda dan terkenal sejak dulu. Selain coto dan  konro, banyak lagi makanan khas Makassar yang terkenal dan sayang untuk dilewatkan. Beberapa di antaranya yang sering terlewat adalah:

Nasi Kuning Riburane
Selain nasi uduk, nasi kuning juga sangat pas bila dijadikan sebagai menu sarapan. Inilah mengapa Nasi Kuning Riburane yang berada di JL. Riburane, Pattunang, Makassar sangat digemari, bahkan orang-orang rela mengantre demi untuk mencicipi kelezatan nasi kuning andalan dari sebuah kedai kecil yang sudah buka sejak tahun 1980.

Nasi kuning memang menjadi menu yang umum dijajakan di setiap warung makan di Makassar. Namun, Nasi Kuning Riburane bisa dibilang sangat istimewa karena cita rasanya yang khas dan menjadi favorit Presiden RI ke-6, Bapak SBY. Nasi Kuning Riburane juga telah mendapatkan penghargaan Makassar Most Favourite Award Culinary .




Sop Saudara Warung Pangkep
Lokasinya di JL. Wahidin Sudiro Husodo No. 40, Pattunang, Makassar dan sudah menjadi salah satu lokasi kuliner wajib bagi para pelancong. Warung Pangkep buka buka selama 24 jam dan memiliki menu andalan soto dengan isian bihun, irisan paru, daging, lidah, dan perkedel yang kemudian disiram dengan kuah istimewa.  Kuahnya sendiri terbuat dari campuran telur bebek, susu kental manis, dan rempah-rempah.

Menariknya, nama sop sendiri bukan merujuk pada menu yang dijual. Sop merupakan singkatan dari Saya Orang Pangkep. Rahasia kelezatan menu ini memang dibawa oleh orang-orang Pangkep yang daerahnya berada tidak jauh dari Makassar.



Sop Ubi Hj. Haniah
Demi sebuah cita rasa khas, terkadang kita rela untuk berburu kuliner ke tempat-tempat tersembunyi dan di luar dugaan. Seperti halnya Sop Ubi Hj. Haniah yang berada di JL. Datu Museng, Lorong 2 No. 5, Maloku, Makassar. Untuk mencapai ke kedai tersebut, kita harus melewati terlebih dahulu lorong-lorong sempit.
Rasa lelah langsung terbayar begitu mencicipi sop ubi yang berisi irisan daging sapi, sohun, telur rebus, taoge yang disiram dengan kuah bening dan ditambahkan potongan-potongan ubi atau singkong. Kedai Sop Ubi Hj. Haniah telah buka sejak tahun 1963
.

Songkolo Bagadang Alhamdulillah
Songkolo merupakan makanan khas Kota Makassar yang terbuat dari ketan hitam yang dicampur dengan ikan teri dan serundeng kemudia dimakan dengan sambal dan. Tidak hanya sebagai menu utama, songkolo biasanya juga dijadikan sebagai kudapan atau camilan.
Salah satu kedai yang menjajakan songkolo adalah Songkolo Bagadang Alhamdulillah yang terkenal karena buka selama 24 jam. Letaknya berada di JL. Pannara No. 19, Manggala, Makassar. 

sumber: https://fajar.co.id/2019/12/29/jangan-lewati-empat-tempat-wisata-kuliner-makassar-ini/



Komentar