Jauh dari Kehidupan Glamor, Beginilah Karier Putin Selama Menjadi Anggota Intelijen KGB


Karir Putin di KGB

Karir Putin di KGB mungkin telah berakhir beberapa dekade lalu, tetapi hal itu tidak menghentikan kredibilitasnya sebagai mata-mata.
 
Sebagai seorang remaja, Putin terpikat dengan novel dan film seri 'The Shield and the Sword' yang berfokus pada agen rahasia Soviet yang berani yang menggagalkan Nazi.

Putin kemudian dikejutkan oleh bagaimana satu mata-mata bisa memutuskan nasib ribuan orang. Dia kemudian pergi ke sekolah di Saint Petersburg State University di mana dia belajar hukum.


Awalnya mempertimbangkan untuk menjadi hukum, Putin direkrut ke dalam KGB setelah lulus pada tahun 1975. Dia berlatih di Red Banner Institute di Moskow.

Mantan kepala staf Putin dan sesama trainee KGB, Sergei Ivanov mengatakan bahwa beberapa pelajaran dari mata-mata senior hanya sedikit lebih dari 'kebodohan'. Ketua KGB Yuri Andropov memasukkan Putin ke badan intelijen pada tahun 1970-an.


Tujuan Andropov adalah memperbaiki institusi dengan merekrut petugas KGB yang lebih muda dan lebih kritis.

Karir mata-mata Putin jauh dari kehidupan glamor .
Pada tahun-tahun awal, Putin bekerja di kantor yang suram yang dipenuhi oleh para staf yang menua. Dia mengurus dokumen dan masih tinggal di rumah bersama orangtuanya tanpa kamar sendiri.


Dia mengikuti pelatihan di sekolah no. 401 yang dijaga ketat do Saint Petersburg. Di sana, para calon perwira mempelajari taktik intelijen, teknik interogasi dan dilatih secara fisik.

Pada tahun 1976, Putin menjadi letnan satu. Fokus Putin mungkin termasuk kontra-intelijen dan pemantauan orang asing. Putin mungkin juga bekerja dengan Direktur Utama Kelima KGB yang didedikasikan untuk menghancurkan para pembangkang politik.

Pada tahun 1985, Putin mengadopsi identitas sebagai penerjemah da dipindahkan ke Dresden, Jerman. Dalam biografi 'Mr. Putin', Fiona Hill dan Cliff Gaddy berspekulasi bahwa Putin dipindahkan mungkin karena misinya untuk merekrut pejabat Partai Komunis Jerman Timur dan Stasi, mencuri rahasia teknologi, kompromi mengunjungi Barat, atau menyamar untuk Jerman Barat.

Putin mengatakan bahwa selama di KGB dan berbicara dengan agen yang lebih tua membuatnya mempertanyakan arah Uni Soviet.
Pada satu titik, massa melibas lokasi KGB di Dresden setelah jatuhnya Tembok Berlin pada tahun 1989. Putin mengacungkan pistol untuk menakut-nakuti penjarah dari kantor KGB. Putin tidak pernah pulan ke rumahnya sampai tahun 1990-an. Dipercaya bahwa masa jabatan Puti di KGB membantunya membentuk pandangan tentang dunia.

Putin akhirnya berhenti dari KGB pada tahun 1991, selama kudeta garis keras melawan Presiden Soviet Mikhail Gorbachev. Putin menjadi pejabat di pemerintahan Boris Yeltsin berikutnya dan ditunjuk untuk memimpin FSB (pengganti KGB) pada tahun 1998. Putin kemudian mengambil alih jabatan Yeltsin sebagai presiden setelah pengunduran dirinya pada 1999. Salah satu tindakan pertamanya sebagai presiden adalah mengampuni tindak korupsi Yeltsin.


sumber: http://intisari.grid.id/read/03907605/jauh-dari-kehidupan-glamor-beginilah-karier-putin-selama-menjadi-anggota-intelijen-kgb?page=all

Komentar