Cara Memulai Usaha Dari Nol Yang Efektif



Cara Memulai Usaha – Sebagai seorang pengusaha, ketika di Indonesia, saya sempat beberapa kali diundang dalam beberapa kesempatan. Dalam beberapa kesempatan tersebut, tidak sedikit yang bertanya mengenai bagaimana cara memulai usaha dari nol.

Oleh karenanya, saya coba menuliskan hal ini agar lebih banyak orang yang membaca bagaimana tips saya untuk setiap orang yang ingin memulai usaha dari nol. Saya juga sudah sangat jarang mengisi seminar atau talkshow karena sementara ini tidak tinggal di Indonesia.

Namun, sebelum melangkah ke hal yang lebih teknis. Ada hal yang mendasar yang harus Anda ketahui. Karena tidak sedikit orang yang gagal memulai usaha bukan karena hal yang teknis, namun karena hal yang mendasar.

Jadi sebelum saya membahas 7 HAL TEKNIS, saya akan awali dengan 3 HAL MENDASAR dalam memulai usaha dari nol. Selamat menyimak ya.

Berikut hal mendasar dalam memulai usaha dari nol

1. Jauhkan Pikiran Dari Kegagalan
Jangan Takut Gagal Memulai Usaha
sumber : due.com
Baik, tidak ada yang bisa memberikan kepastian akan keuntungan di dunia bisnis. Begitu juga dengan saya. Saya tidak bisa membuat resep anti gagal untuk setiap usaha. Bahkan dalam beberapa kesempatan saya sering memberikan perumpamaan tentang profesi pengusaha. Menurut saya profesi pengusaha adalah salah satu profesi paling berbahaya di dunia. Jika Anda gagal dan jatuh, Anda benar-benar terjatuh seperti jatuh ke jurang. Benar-benar terasa sakit. Perumpamaan ini hanya sebagai gambaran jika memang ada potensi gagal dalam dunia bisnis dan kita harus siap sembari berusaha mengurangi resiko itu.

Dalam dunia bisnis, kegagalan menjadi salah satu kemungkinan yang akan terjadi. Yang bisa kita lakukan hanya mencoba mengurangi kemungkinan tersebut.

Tapi, ketika pikiran Anda dipenuhi perasaan takut akan gagal, maka pikiran Anda akan lelah, kurang kreatif, kurang bersemangat, dan tidak maksimal dalam memacu diri Anda untuk segera memulai usaha.

Jadi menjauhkan diri dari pikiran atau kekhawatiran akan kegagalan adalah hal yang mendasar dan pertama yang wajib Anda lakukan.

2. Hindari Karakter Menunda-nunda
sumber : jobbank.ph
Baiklah, ini klasik sekali tapi sering terjadi. Saya bisa pastikan banyak yang gagal memulai usaha hanya karena dia menunda-nunda sejak awal. Bahkan karakter ini harus Anda hilangkan sepanjang proses Anda berwirausaha. Mulai dari Anda memulai bisnis, hingga saat Anda menjalankan bisnis.

Karakter menunda-nunda adalah penyakit dalam kehidupan ini. Tidak hanya dalam bisnis. Ini penyakit yang tak disadari banyak orang. Anda harus menghilangkan beberapa kata-kata dalam kamus Anda mengenai karakter menunda-nunda, “besok saja”, “nanti saja”, “bulan depan saja”, dan sebagainya.

3. Tentukan Alasan Kenapa Memulai Usaha
sumber : hygger.io
Tidak sedikit orang yang menurut saya keliru mengenai alasan memulai usaha. Salah satu yang keliru adalah karena ingin lebih cepat kaya. Baik, profesi pengusaha memang bisa membuat Anda cepat kaya. Dan jajaran orang-orang terkaya di dunia mayoritas berasal dari kalangan pengusaha.

Masalahnya, untuk mencapai itu, jalannya tidak semudah yang dibayangkan. Oleh karenanya, agar Anda kuat dalam perjalanan dunia usaha, Anda harus memiliki tujuan yang lebih kuat. Tujuan ini yang akan menjadi motivasi Anda dalam berwirausaha. Ketika ada sesuatu yang diluar rencana seperti kerugian usaha, Anda bisa kembali pada tujuan Anda dan me-recharge semangat Anda dalam menjalankan usaha Anda.

Baiklah setidaknya tiga itu adalah hal yang mendasar menurut saya, kita masuk ke bagian yang lebih teknis ya

Cara Memulai Usaha dari Nol

4. Tentukan Ide Utama
Memulai Menemukan Ide Usaha
sumber : xconomy.com
Ide utama adalah hal yang penting. Anda harus menemukan ide Anda. Saran saya tentang ide hanya satu. Ide itu harus Anda cari. Anda tak bisa duduk-duduk saja, termenung, dan ide cemerlang datang menghampiri Anda. Tidak bisa. Andaikan bisa, itu keberuntungan tersendiri untuk Anda. Tapi secara umum, menunggu ide datang adalah kekeliruan.

Ide ini juga bisa disesuaikan dengan kapasitas Anda dan dibuat bertahap. Sebagai contoh saya ingin membuat sebuah cafe, maka saya mulai awal dari tempat yang kecil. Dengan rencana akan membesar di kemudian hari.

Atau saya ingin menjadi penyedia jasa A terbaik di Indonesia, saya mulai dengan menjadi reseller atau distributor terlebih dahulu agar saya bisa sedikit demi sedikit menciptakan layanan sendiri yang lebih baik.


Ide harus Anda temukan atau Anda jemput. Ide bisa Anda jemput dengan membaca, berdiskusi dengan orang lain, menonton program televisi yang bermanfaat dan sesuai dengan usaha Anda, mengikuti seminar atau talkshow bisnis, dan lain sebagainya.

5. Tentukan Visi dan Misi
sumber : yourstory.com
Ide yang sudah Anda temukan, harus Anda susun menjadi visi dan misi. Apa tujuan usaha Anda, Anda harus tuliskan. Saya ambil contoh, saat saya ingin membuat sebuah cafe di bandung saya, pada tahun 2010, ide saya adalah membuat tempat yang kualitas interior bagus dan menarik, namun harga dan pelayanan prima. Ini sangat jarang ditemukan di Bandung saat itu. Sebelum akhirnya muncul Warunk Upnormal yang fenomenal
Visi usaha saya saat itu :
“Menjadi cafe dengan interior dan suasana terbaik, harga terjangkau, dan kualitas prima”,
Sejujurnya saya tak ingat betul visi di awal cafe saya saat itu, namun kira-kira seperti itu 🙂

Dari visi usaha tersebut, Anda bisa turunkan menjadi beberapa misi. Saya ambil contoh kembali
1. Merekrut designer berkualitas dibidangnya
2. Secara berkala menjaga kualitas interior dan suasana cafe
3. Merekrut karyawan terbaik di setiap bidang
4. Menjalin kerjasama dengan mitra-mitra terbaik
5. Secara berkelanjutan mencari supplier-supplier dengan harga-harga terbaik
Nah setidaknya seperti itu untuk visi dan misi. Visi adalah gambaran besarnya, dan misi adalah hal-hal yang harus kita upayakan untuk membantu visi kita terwujud


6. Buatlah Rencana Usaha
sumber : startingyourbusiness.com
Setelah ide, visi, dan misi. Anda harus membuat rencana usaha yang matang. Beberapa rencana usaha yang harus Anda perhatikan adalah sebagai berikut
1. Produksi
2. Operasional
3. Pemasaran
4. Keuangan
5. Sumber Daya Manusia

Masih banyak lagi sebenarnya bagian dari rencana usaha yang harus Anda siapkan. Tapi secara umum Anda kemungkinan harus membuat rencana usaha pada kelima bagian tersebut.


7. Buatlah Rencana Keuangan

Pada bagian ini setidaknya ada dua hal yang harus Anda buat yakni neraca keuangan dan prediksi laba rugi Anda. Neraca keuangan adalah salah satu perangkat dimana Anda bisa melihat modal Anda, kondisi cash Anda termasuk bank yang tersedia, kondisi hutang bisnis Anda jika ada, dan aset Anda secara berkala.

Sedangkan prediksi laba rugi adalah salah satu perangkat kita untuk menentukan target keuntungan dan memprediksi pengeluaran yang kemungkinan akan Anda keluarkan ketika usaha Anda berjalan.

8. Bergabung dengan kelompok pengusaha
Cara Menjadi Kaya

Saya sangat menyarankan Anda bergabung dengan kelompok atau komunitas pengusaha. Baik sebelum Anda memulai, maupun ketika Anda sudah menjalankan usaha. Dunia usaha adalah dunia yang sangat dinamis, oleh karenanya memiliki lingkungan yang mendukung adalah salah satu cara agar Anda bisa lebih maksimal
Komunitas pengusaha ini bisa berupa komunitas online, bisa juga berupa komunitas offline.

Kehadiran komunitas setidaknya ada dua yakni me-recharge semangat Anda ketika sudah mulai luntur dan membuat Anda tau kondisi terkini ataupun perkembangan terbaru di dunia usaha.

9. Konsisten Belajar dan Bertumbuh
sumber : europosters.eu
Saya bisa memaklumi jika Anda akan kesulitan dalam memulai usaha. Di dunia usaha, ada banyak hal yang berbeda dengan profesi lainnya. Mulai dari hal yang teknis,hingga hal mendasar dan konseptual.

Kita tidak boleh berhenti belajar tentang usaha kita. Karena dengan mempelajari dengan usaha secara konsisten maka kita bisa melihat dan menciptakan pertumbuhan berkala terhadap bisnis kita.

Kita juga bisa melakukan berbagai antisipasi-antisipasi perubahan terhadap apa yang terjadi di lingkungan usaha kita.

10. Mulailah Usaha Anda
sumber : serped.com
Ada perumpamaan “Cara yang paling mudah dalam memulai bisnis adalah dengan cara memulainya”. Saya lupa kata-kata tersebut pertama kali saya dengan dari siapa. Dari sekian banyak rencana yang sudah Anda buat, semuanya akan terasa sia-sia jika Anda tidak memulainya.

Anda harus BERANIKAN DIRI Anda untuk memulai rencana Anda. Jalan ratusan kilometer tidak akan selesai Anda tempuh jika Anda tidak mulai dengan langkah pertama. Dari sekian banyak tips dari saya mengenai cara memulai usaha dari nol di atas. Saya hanya bisa mendoakan agar Anda diberikan tekad yang kuat dan keberanian untuk memulai rencana usaha Anda.

Jika Anda masih merasa kebingungan dan atau kesulitan untuk menerapkan cara-cara memulai usaha dari nol di atas, mari kita berdiskusi di kolom komentar berikut ya.

Sekian dulu..
Sampai jumpa di tulisan lainnya

Sumber: https://www.lebahmaster.com/cara-memulai-usaha-dari-nol/





Komentar